Merdeka !! Finansial


Halo Sobat male !!

Apa definisi kaya ? banyak yang menganggap bahwa kaya itu dapat membeli mobil mewah, rumah megah dan makan di restoran mahal padahal kaya menurut Robert T kyosaki adalah Kaya dimana kita berhenti bekerja dan masih mampu untuk membiayai hidup bahkan menikmati gaya hidup sebagaimana saat kita masih bekerja. Menurut Orang yang  sama, kita dapat merdeka secara finansial jika penghasilan pasif kita bisa melebihi gaya hidup yang kita butuhkan, Sebgai contoh  kita membutuhkan uang  Rp 5 Juta setiap bulanya untuk membiayai hidup kita, Maka jika kita pemasukan pasif yang melebihi dari 5 juta enatah dari investasi entah dari properti maka kita dapat dikatan sudah merdeka secara finansial.

Merdeka finansial tersebut memang hanya sesederhana itu, Uang masuk tanpa harus bekerja lebih besar dari biaya hidupsehari-hari. Tetapi, banyak orang bahkan di usia pensiun pun tidak dapat mempunyai sumber pendapatan pasif yang dapat membiayai kebutuhan hidupnya. Bahkan sebagian besar mempunyai profesi yang  lumayan exlusive seperti dokter dan pegawai negeri sipil dengan jabatan tentunya dan tanpa korupsi juga tentunya. Hal tersebut terja karena mereka tertipu dengan pendapatan yang  sangat tinggi ketika masih bekerja. Mereka lupa bahwa suatu saat nanti mereka akan berhenti bekerja dan jika tidak di persiapkan dari awal maka akan berbahaya di masa yang akan datang. Beberapa langkah  dasar untuk merdeka finansial adalah :

1. Tumpuklah  deposito sebanyak mungkin, Orang yang bisa menumpuk hartanya di deposito bank dan menikmati bunga bank.  Memang , Bunga pada deposito sangat sedikit jumlahnya, tetapi jika dana yang kita masukkan kedalam deposito cukup besar makan akan menjadi hasil yang besar juga.

2. Saham atau Surat Berharga Lainya, Ini merupakan salah satu  instrumen bebas finansial apabila dimiliki dalam jumlah  besar. Umumnya orang-orang kaya tidak hanya menempatkan aset atau kekayaanya pada satu instrumen.

3.Bisnis Waralaba, Sebagai sebuah sistem bisnis, Pemilik waralaba memang bisa mendapatkan penghasilan pasif, bahkan dalam jumlah yang  besar bila bisnis waralabanya sukses.

4. Properti  Sewa,  Ini merupakan model instrumen kebebasan finansial yangjuga paling menarik untuk dijalankan, seperti sewa apartemen atau kos-kosan.

Ada banyak instrumen investasi yang dapat digunakan untuk mencapai merdeka finansial. Pilihlah cara yang paling cocok dengan tingkat atau profil resiko kita masing-masing semua instrumen investasi bagus tergantung tujuan dan gaya investasi kita masing-masing. Mari kita raih merdeka finansial secara bersama-sama.

Sumber : Tarbiyanto Taryoso,Rahasia Sukses Pensiun Dini, 2017

Trending Artikel

Yuk Main Saham

Ditemukan...Keajaiban Dunia ke-8 Bunga yang Berbunga

Awas hati-hati Window Dressing, Apa itu?

Reksadana..Makhluk apakah itu?

Cegah miskin melalui pemilihan pasangan